Rabu, 31 Agustus 2016

Mengenal Virus Zika (ZIKV)




Hai!!!
Kali ini kita bersama dr F dan dr M akan menjelaskan tentang penyakit Zika, sudah pernah dengar kan penyakit ini? Sudah pernah tahu belum apa itu Zika, bagaimana gejalanya, cara penularan dan cara mengatasinya? Kalau belum mari kita simak penjelasan nya.




Sejarah Virus Zika

Jadi pak dokter akan ceritakan dulu sejarahnya kenapa bisa dinamakan Zika, dan beginilah ceritanya :


Hutan Zika
Beberapa puluh tahun yang lalu tepatnya tahun 1947 virus ini pertama kali di temukan dan di isolasi dari hewan primata di hutan Zika yang terletak di Uganda, dari nama inilah kata Zika berasal. 
Dan ditemukan terdapat di manusia baru sekitar 20 tahun kemudian, sejak saat itulah wabah muncul beberapa kali dan yang paling akhir muncul kembali di Brazil tahun 2015 ini. (www.pbpapdi.org)

Apakah Zika itu?

Nah begitulah sejarah singkat dari virus Zika, sekarang kita beralih ke apa sih Zika itu?
Jadi virus Zika itu masih termasuk satu kelompok dengan flavivirus!



Aduh pak dokter jangan susah susah begitu dong, nanti susah mengertinya!
 
Mudahnya Zika virus ini masih sekerabat dengan virus demam berdarah, virus japanese ensefalitis, virus CHIK yang menyebabkan chikungunya

Dan yang menularkan juga sama sama dari nyamuk, yaitu nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictu. Kalian sudah tahu kan nyamuk Aedes aegypti itu seperti apa? Itu loh, nyamuk yang motif warnanya hitam putih hitam putih, nih gambarnya daripada bingung
Image result for aedes aegypti adalah
Aedes aegypti


Gejala Penyakit Zika

Pak dokter jelaskan juga dong bagaimana sih gejala orang yang terkena Zika?



Baik jadi ini saya jelaskan gejalanya!



Dari kebanyakan kasus yang ada infeksi dari virus ini hanya menyebabkan gejala yang ringan aja, dan bisa sembuh sendiri. Maka dari itu sering sekali seseorang tidak terdiagnosis penyakit ini nih.
Tapi virus Zika juga punya gejala khas, seperti munculnya bentol bentol merah yang merata di muka badan, tangan dan kaki dan bisa juga bentol bentol merahnya itu gatal. Biasanya bentol itu baru muncul setelah 2 minggu berada di tempat atau area yang rawan virus Zika ini, dan bentol itu bertahan sampai beberapa hari bahkan sampai beberapa minggu.

Gejala yang sering muncul dari infeksi virus ini








Demam
Nyeri pada sendi
Nyeri pada daerah mata
Mata merah

Dilihat dari gejala 1-3 mirip kan sama demam berdarah?
Kebanyakan orang yang terinfeksi virus Zika ini bisa sembuh 100%, tapi ada juga nih kasus yang gawat sampai menimbulkan kematian, jika infeksi virus ini terjadi bersamaan dengan penyakit Guillain-Barre syndrome. memang jarang sih tapi ya jangan di remehkan ya  penyakit yang satu ini. (www.medscape.com)

Bagaimana cara penularannya?

Virus Zika diduga dapat menular melalui cairan tubuh yang lain seperti air liur, sperma, air susu ibu, dan darah yang terdapat virus ini. Oh iya penularan dari ibu ke bayi selama hamil sampai saat ini masih belum dapat dijelaskan secara pasti, tetapi diduga kuat dapat terjadi. Selain itu gigitan dari nyamuk yang membawa virus Zika merupakan sumber penularan utama dari virus Zika.


Jadi kesimpulannya hubungan sex, kontak cairan tubuh dan gigitan serangga khususnya nyamuk. Hmm apa yang dapat terjadi apabila ibu hamil terkena penyakit Zika ini?

Nah, bila ibu hamil terkena Zika maka janin dari ibu tersebut akan lahir dengan kelainan sejak lahir contohnya mikrosefali atau lahir dengan ukuran tengkorak kecil. Pengamatan ini dilakukan ketika terjadi kejadian luar biasa dari Zika ini di brazil

Oh ya tadi katanya infeksi virus Zika gejalanya mirip dengan demam berdarah dan cikungunya, belum dijelaskan nih cara membedakannya dan cara mengobatinya!

Jadi seseorang dapat dikatakan terkena Zika jika terdapat gejala gejala yang muncul di atas tadi, selain itu ada juga cara untuk memastikan apakah memang benar benar terkena Zika atau tidak dengan melakukan pemeriksaan darah teknik PCR yang biasanya dilakukan pada hari ke -3 sampai ke -5 setelah muncul gejala seperti diatas. Pemeriksaan lain yang bisa dilakukan dengan pemeriksaan antibodi, tapi sayang belum dapat dilakukan

Sekarang giliran dr M saja yang menjelaskan bagaimana cara membedakannya!



Ok! ini saya sediakan tabel saja ya agar mudah membedakannya, memang dari 3 penyakit tersebut memiliki gejala yang serupa, ini tabelnya di lihat ya


Gejala

Zika

Dengue

Chikungunya

Demam
++
+++
+++
Bentol-bentol (rush)
+++
+
++
Mata merah (conjungtivitis)
++
-
-
Nyeri sendi
++
+
++
Nyeri otot
+
++
+
Sakit Kepala
+
++
++
Perdarahan
-
++
-
Shock
-
+
-


 



Cara Mengobati Zika?


Sebenarnya cara mengobati Zika sangat lah mudah (jika tidak terdapat penyakit penyerta atau komplikasi lainnya) , ingat Zika itu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, dan infeksi ini bersifat self-limiting  yang artinya virus ini dapat sembuh sendiri asalkan kondisi atau daya tahan tubuh kita bagus, jika terganggu dengan gejala gejala seperti nyeri otot dan sendi, pusing dan demam dapat meminum obat yang dijual bebas di apotik seperti parasetamol 3x500mg (dosis dewasa).

"Ada pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati, makanya itu lebih baik kita cegah supaya tidak sakit terlebih dahulu"



Jadi ini nih tips terhindar dari Zika:

  1. Menggunakan anti nyamuk atau repelant
  2. Karena yang bawa penyakit ini itu nyamuk aedes aegypti  yang suka berkembang biak di genangan air bersih jadi lakukan 3M, agar tidak ada genangan air, dan tempat tempat untuk nyamuk itu berkembang biak
  3. Dan yang lebih penting segera periksakan ke dokter atau rumah sakit jika terdapat gejala seperti diatas, jangan terlalu diremehkan ya


Fakta dan Mitos mengenai virus zika



Sekian pembahasan kita tentang virus Zika, semoga bisa membantu ya

Pastinyaaa! Tunggu post an kita selanjutnya ya, jika mungkin ada yang mau request ingin membahas tentang apa bisa langsung juga bisa comment di bawah!





2 komentar: